kekurangan dan kelebihan metode diskusi lengkap dengan langkah-langkahnya || Guru Wajib Baca

Assalamualaikum Wr.Wb

Salam sejahtera Untuk kita semua.

         Dalam Kesempatan yang sangat berbahagia ini dan semoga yang membaca blog saya selalu diberi rahmat Oleh Allah SWT. Kali ini saya akan mambahas sebuah metode pembalajaran yang menurut kebanyakan guru sangat efektip karna sering digunakan oleh kebanyakan guru di Indonesia yakni metode pembelajaran dengan cara “DISKUSI” atau menurut bahasa inggrisna adalah "Discussion”.sebelum kita lanjut ke langkah-langkah dan bagai mana cara melaksanakan metode pembelajaran dengan cara diskusi kita harus tahu dulu apa itu diskusi ? jadi duskusi adalah aktivitas dari sekelompok orang atau jika disekolah sekelompok siswa yang berbicara dan mereka saling bertukar pikiran maupun bertukar pendapat tentang sebuah topic atau permasalahan yang mereka hadapi dan dimana setiap anak ingin mencari tahu jawan atau penyelesaian dari segala segi dan kemampun yang kawan-kawannya lontarkan.( Kemendikbuk :1994)

       Jadi metode pembelajaran diskusi ini adalah metode atau cara peynajian pembelajaran yang dimana para siswa dihadapkan pada sebuah problem atau masalah yang bisa berupa pernyataan atau lain sebagainya yang berhudungan dengan pembelajaran untuk dibahas bersama-sama.

       Selanjutka saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan metode diskusi ini karna semua metode pasti memiliki kekurangan dan kelebihan tergantung kita bagai mana cara menyikapi kekurangannya dan diganti supaya menjadi sebuah kelebihan, mohon diperhatikan dengan jelas:
1.      Kelebihan
          a.       Dapat menumbulkan sikap menghargai pendapat orang lain
          b.      Mampu meningkatkan wawasan siswa
          c.  Membina supaya terbiasa bermusyawarah untuk pemecahan suatu permasalahan baik itu                      dilingkunagn sekolah atau dilingkungan masayarakatnya sendiri.
          d.   Ini yang paling membantu sekali yakni mampu merangsang kreativitas siswa dalam membentuk sebuah ide, gagasan perkarsa dan bagaimana cara menyanpaikan sebuah ide kepada orang lai.

2.      Kekurangan dari sebuah metode pembelajaran Diskusi

         a.       Dalam sebuah forum diskusi tidak bisadipungkiri jika ketika sebuah diskusi berlangsung pasti           akan ada pembicara yang menyimpang ini tentunya pasti akan memkan waktu yang cukup lama.
         b.      Metode diskusi ini tidak dapat dikapai dengan kelompok yang besar minimal 4 orang maksimal        10 orang.
         c.       Biasanya metode diskusi dikuasai hanya oleh orang-orang yang suka berbicara atau ingin                   menonjolkan diri sengankan orang lain yang kurang bicara tidak kebagian.

3.      Langkah-langkah menggunakan metode diskusi
         a.       Persiapan kelas
         b.      Memilih dan selanjutnya menetapkan tema yang akan dibahas
         c.       Mencari sumber yang akan dibahas.
         d.      Membuat komposisi atau struktur komikasi pada kelompok 
         e.       Menentukan pemimpin diskusi
         f.       Memuat kelompok
         g.      Menentukan ketua kelokpok
         h.      Siswa mulai berdiskusi dengan kelompok masing-masing
         i.        Setiap ketua memperesntasikannya didepan kelompok lain atau menyetorakan hasil diskusi                   kepada         guru
         j.        Siswa mecatat hasul diskusi

I think enough, that all thank for attention don’t forget follow me in :


Google + : cecep dosen 

Comments

Popular posts from this blog

Pengaruh Sarapan Terhadap Konsentrasi belajar || Wajib Baca

definisi dan langkah-langkah Metode Ekspositori untuk pembelajaran Matematika || Guru Harus Baca