definisi dan langkah-langkah Metode Ekspositori untuk pembelajaran Matematika || Guru Harus Baca
Assalamulaikum
wr wab
Dalam
kesempatan ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang sebuah metode
pembelajaran matematika, yang dimana mata pelaran matematika sangat kurang
diminati oleh siswa mungkin dari satu kelas 10/20 % yang suka matematika dari
satu kelas, jadi harus menggunakan metode paa untuk pembelajaran matematika? Nah
Berbicara tentang metode pembalarana memang tidak akan ada habisnya karna
metode pembelajaran itu sangat banyak dan para guru pun mempunyai metode-metode
yang mereka sukai namun terkadang media itu tidak disukai murid, nah untuk
sekarang saya ingin membagikan kepada para kawan semua metode yang baik untuk
pembelajaran matematika yakni metode Ekspositori.
A. Penegrtian metode Ekspositori
Menurut Dimyati dan Mudjiono yang
dimaksud metode pembelajaran ekspositori adalah memindahkan
pengetahuan-pengetahuan,keterampiran kepada peserta didik dan jika menurut
sebuah buku yang saya baca metode pembelajaran ekspositori adalah metode
pembalajaran yang digunakan dengan cara memberikan terlebigdahulu definisi atau
pengertian, prinsip dan konsep materi mata pelajaran serta tidak lupa
memberikan contoh latihan pemecahan masalah.
B. Kelebihan metode ekspositori.
1.
Siswa
mampu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diberikan oleh guru pada
saat pembelajaran berlngsung.
2.
Perasn
serta guru sudah berkurang karena informasi yang diberikan guru pada saat
penymapaian lisan sedangkan pengolahan informasinya dilanjutkan dan
dikembangkan kembali leh peserta didik.
C. Kelemahan dari metode
pembelajaran Eksposistori
1.
Meskipun
peran guru berkurang tapi siswa kurang aktif dalam mencari pengertian ,
rumus-rumus dan teorema-teorema karna masih mengharapkan diberikan oleh guru.
D. Langkah-langkah yang harus
diperhatikan ketika pembelajaran menggunakan metode ekspositori.
1.
Persiapan
atau introduction
2.
Berilah
siswa sugesti positif tentang pembelajaran matematika jangan yang negative
3.
Mulailah
mengemukakan tujuan yang akan dicapai ketika siswa sudah memahami materi yang
disapaikan
4.
Penyajian
harus sebaik mungkin supaya siswa tidak merasa jenuh ketika belajar matematika
5.
Penggunaan
bahsa yang cukup dimengerti siswa
6.
Intonasi
suara juga harus diperhatikan
7.
Dan
yang terakhir menjaga kontak mata dengan semua suswa supaya spara siswa merasa
diperlihatkan dan diperhatikan oleh guru.
Terimakasih
telah berkunjug semoga bermanfaat kepada kita semua, jangan lupa ikuti dan
comen .
FB
: @ Tribun education / @cecep setiawan
Gmail
: Cececepdosen@gmail.com
Comments
Post a Comment