definisi dan langkah-langkah Metode Ekspositori untuk pembelajaran Matematika || Guru Harus Baca

Assalamulaikum wr wab

         Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang sebuah metode pembelajaran matematika, yang dimana mata pelaran matematika sangat kurang diminati oleh siswa mungkin dari satu kelas 10/20 % yang suka matematika dari satu kelas, jadi harus menggunakan metode paa untuk pembelajaran matematika? Nah Berbicara tentang metode pembalarana memang tidak akan ada habisnya karna metode pembelajaran itu sangat banyak dan para guru pun mempunyai metode-metode yang mereka sukai namun terkadang media itu tidak disukai murid, nah untuk sekarang saya ingin membagikan kepada para kawan semua metode yang baik untuk pembelajaran matematika yakni metode Ekspositori.
   A.     Penegrtian metode Ekspositori
Menurut Dimyati dan Mudjiono yang dimaksud metode pembelajaran ekspositori adalah memindahkan pengetahuan-pengetahuan,keterampiran kepada peserta didik dan jika menurut sebuah buku yang saya baca metode pembelajaran ekspositori adalah metode pembalajaran yang digunakan dengan cara memberikan terlebigdahulu definisi atau pengertian, prinsip dan konsep materi mata pelajaran serta tidak lupa memberikan contoh latihan pemecahan masalah.
   B.     Kelebihan metode ekspositori.
1.      Siswa mampu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diberikan oleh guru pada saat pembelajaran berlngsung.
2.      Perasn serta guru sudah berkurang karena informasi yang diberikan guru pada saat penymapaian lisan sedangkan pengolahan informasinya dilanjutkan dan dikembangkan kembali leh peserta didik.
   C.     Kelemahan dari metode pembelajaran Eksposistori
1.      Meskipun peran guru berkurang tapi siswa kurang aktif dalam mencari pengertian , rumus-rumus dan teorema-teorema karna masih mengharapkan diberikan oleh guru.
   D.     Langkah-langkah yang harus diperhatikan ketika pembelajaran menggunakan metode ekspositori.
1.      Persiapan atau introduction
2.      Berilah siswa sugesti positif tentang pembelajaran matematika jangan yang negative
3.      Mulailah mengemukakan tujuan yang akan dicapai ketika siswa sudah memahami materi yang disapaikan
4.      Penyajian harus sebaik mungkin supaya siswa tidak merasa jenuh ketika belajar matematika
5.      Penggunaan bahsa yang cukup dimengerti siswa
6.      Intonasi suara juga harus diperhatikan
7.      Dan yang terakhir menjaga kontak mata dengan semua suswa supaya spara siswa merasa diperlihatkan dan diperhatikan oleh guru.

Terimakasih telah berkunjug semoga bermanfaat kepada kita semua, jangan lupa ikuti dan comen .


Gmail : Cececepdosen@gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

kekurangan dan kelebihan metode diskusi lengkap dengan langkah-langkahnya || Guru Wajib Baca

Pengaruh Sarapan Terhadap Konsentrasi belajar || Wajib Baca